Wednesday, August 19, 2015

Teknik Belajar Bahasa Inggris Dengan Cepat dan Mudah


Sering kali ketika kita mencari teknik belajar bahasa inggris dengan cepat dan mudah mencakup teknik menulis, berbicara, dan tata bahasa inggris yang benar. Sering kali ditemukan kasus orang-orang cenderung menyerah untuk belajar bahasa inggris yang benar. 

Hal ini disebabkan oleh ketidak tahuan akan teknik yang benar, sehingga apa yang mereka lakukan tidak memperoleh hasil yang maksimal.

Dalam teknik belajar bahasa inggris dengan cepat dan mudah ini akan membagikan bagaimana tenik dan cara belajar bahasa inggris dengan benar yang mencakup pada tata bahasa, teknik menulis dan berbicara. Terdapat tiga metode dasar agar dapat belajar bahasa inggris dengan mudah dan dapat diterapkan untuk siapa saja. Berikut uraiannya :

1. Listening atau Mendengarkan

Teknik pertama agar dapat belajar dengan capat adalah listening atau mendengarkan. Sebagai permulaan biasakan kita untuk mendengarkan orang berbicara dalam bahasa inggris. Hal ini penting karana dengan kita terbiasa mendengan orang berbicara dalam bahasa inggris maka telinga dan otak kita akan terbiasa mencerna dan mengenal cara pengucapan kata bahasa asing. 

Kebanyakan guru-guru bahasa inggris akan memberikan materi awal belajar adalah berbicara dan menulis. Tidak ada yang salah memang jika menerapkan metode menulis dan membaca terlebih dahulu, namun hasilya akan kurang maksimal dan orang akan cenderung lebih lama untuk mengerti karena tidak terbiasa dengan bahasa inggris.

Oleh karena itu metode tercepat belajar bahasa inggris dimulai dengan mendengarkan. Kegiatan yang paling mudah untuk menerapkan teknik ini adalah mendengarkan lagu bahasa inggris, menonton film berbahasa inggris, membaca buku-buku bahasa inggri dsb. Ketika anda sudah terbisa dengan kata-kata bahasa inggris maka dengan sendirinya kemampuan mendengarkan akan meningkat secara cepat diiringi dengan kemampuan berbicara yang juga akan ikut meningkat dengan cepat.

2. Tidak Terlalu Terfokus Pada Grammar

Terkadang ketika kita sedang berbicara dalam bahsa inggris tiba-tiba menjadi kaku dan tidak pp "percaya diri" karena kita merasa susunan kata dan pemilihan kata yang kurang tepat. Namun hal tersebut jangan membuat anda malu atau semangat anda kendur, kesalahan yang bersifat grammatical atau tata bahasa pada saat percakapan masih bisa ditoleransi selama pesan yang anda maksud tersampaikan. Hal ini memang dimaklumi ketika masih dalam tahap belajar karena bahasa inggris merupakan bahsa asing bagi kita.

Jadi tidak masalah jika terdapat sedikit kesalahan, namanya juga belajar kan. Akan tetapi tetap saja belajar grammar itu penting dan perlu karena belajar grammar adalah belajar tata bahasa dan belajar kaidah-kaidah dari bahasa itu sendiri.

3.Ulangi dan kemudian lakukan secara perlahan

Teknik ke tiga dalam cara cepat belajar bahasa Inggris ialah dengan perlahan dan terus mengulang. Di sekloah-sekolah atau tempat kursus bahsa inggris biasanya para siswa akan disuruh membaca teks dengan cepat, kemudia para guru atau pengajar akan memberikan materi dengan cepat pula. Sehingga yang terjadi adalah pemahaman anda tidak akan maksimal. 

Otak anda hanya akan menyimpannya pada memori jangka pendek dan guru sulit untuk berhasil dalam mengajar yang pada akhrinya akan membuat apa yang sudah dipeljari mudah terlupakan, jadi teknik belajar ini tidak akan efektif.

Sebuah penelitian mengemukakan bahwa pelajaran yang dilakukan secara berulang-ulang secara terus menerus dalam tempo yang lambat menghasilkan hasil yang lebih optimal, sehingga perkembangan anda dalam belajar bahasa inggris menjadi lebih baik.


Demikian 3 teknik dasar dalam belajar bahasa Inggris online dengan cepat dan mudah. Tetap semangat dan jangan putus asa. Tiada kata terlambat dalam belajar. Semoga berhasil!

No comments:

Post a Comment